Cegah Gigi Berwarna Kuning, Kurang Konsumsi Jenis Makanan Berikut



Kebersihan gigi merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi penampilan kita. Jika gigi berwarna kuning, tentunya hal itu akan merusak penampilan sekaligus membuat kita kurang percaya diri.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi kita berwana kuning. Mulai dari jarang dibersihkan hingga efek dari makanan yang kita konsumsi. Gigi kuning bukan menjadi parameter apakah kita merawat gigi dengan baik, ya. Gigi berwarana putih atau putih kekuningan masih tergolong gigi yang sehat dan normal.

Hal tersebut diungkapkan oleh National Library of Medicine Amerika Serikat kalau gigi enggak terlalu kuning berarti gigi masih dalam keadaan aman.

Terus apa saja yang membuat gigi kita bisa berwarna kuning?

Menurut Love Science, gigi berubah warna disebabkan oleh dua hal. Pertama, noda ekstrinsik yang menempel di bagian luar atau enamel gigi menyebabkan gigi berubah warna.

Noda ekstrinsik itu disebabkan oleh makanan atau minuman yang kita konsumsi. Noda ekstrinsik ternyata bisa disebabkan karena konsumsi obat tertentu.

Kedua, kondisi kesehatan seseorang juga menyebabkan perubahan pada warna gigi.

Bisa dicegah

Noda ekstrinsik yang disebabkan karena konsumsi makanan atau minuman tertentu tentunya bisa kita cegah. Hal tersebut bisa dicegah dengan meminimalisir konsumsi makanan dan minuman penyebab noda ekstrinsik.

Makanan dan minuman yang menjadi penyebab noda ekstrinsik ternyata cukup beragam. Berikut makanan dan minuman yang menjadi penyebab noda ekstrinsik pada gigi dan membuat gigi berubah jadi kuning.

1. Buah dengan tingkat keasaman tinggi

Buah yang mengandung vitamin C mengandung asam sitrat yang tinggi. Buah-buahan tersebut antara lain tomat, jeruk, lemon, dan masih banyak lagi.

Kandungan asam yang tinggi bisa mengikis enamel. Lama kelamaan dentin atau lapisan gigi yang bewarna kuning jadi terlihat.

2. Kopi

Kopi mengandung senyawa organik bernama tanin. Tanin sendiri punya sifat asam yang kalau dikonsumsi terus menerus bisa membuat noda pada gigi. Tanin juga membuat makanan yang asam lebih mudah membuat kerusakan pada gigi.

3. Beberapa jenis berry

Buah seperti delima, raspberry, blackbery, dan blueberry punya zat warna yang bisa meninggalkan noda di gigi.

4. Makanan dengan pewarna

Makanan yang dibuat dengan pewarna makanan juga bisa meninggalkan noda di gigi dan membuat gigi jadi berwarna kekuningan. Permen, es loli, hingga minuman berwarna salah satunya. Selain meninggalkan noda, pewarna makanan juga bisa menyerang akar yang terlihat.

Bagaimana menghindari noda menempel dan membuat gigi jadi kuning?

Selain menghindari makanan yang menyebabkan gigi jadi berubah warna, menyikat gigi dan berkumur setelah makan juga sangat dianjurkan. Akan lebih baik kalau kita rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Plak yang menumpuk bisa membuat gigi terlihat lebih kuning.

Segera hindari ya! [tribunjogja]






Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates