Pemasangan Kawat Gigi Untuk Memperbaiki Gigi Gingsul


Perlukah pemasangan kawat gigi pada gigi gingsul? Pada sebagian orang, gigi gingsul menjadi keunikan tersendiri yang membuat senyuman terlihat manis. Akan tetapi ada pula yang beranggapan jikakeberadaan gigi gingsul justru mengganggu.

Gigi gingsul merupakan gigi taring yang telat tumbuh sehingga berakibat pada gigi yang tidak tumbuh di tempat seharusnya. Gigi gingsul pada dasarnya tidak menjadi masalah, akan tetapi kondisi ini bisa menimbulkan efek tidak baik pada gigi dan mulut. Sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk merapikan gigi tersebut. 




Apakah Gigi Gingsul Perlu Pasang Kawat Gigi?

Gigi gingsul termasuk salah satu jenis maloklusi gigi.Yaitu suatu kondisi gigi yang tidak tumbuh di tempat yang benar dan sejajar. Keadaan gingsul berpotensi dialami semua gigi, namun gigi yang paling sering mengalami gingsul adalah gigi taring.

Hal ini karena gigi taring memiliki urutan tumbuh paling terakhir. Sehingga jatah tempat untuk gigi taring baru lebih sering diambil oleh gigi lain di sekitarnya. Akibatnya, gigi taring tidak tumbuh di tempatnya dan jadilah disebut gigi gingsul.

Secara medis, gigi gingsul sebaiknya ditangani dengan cara diterapi atau dihilangkan. Hal ini karena gigi gingsul dapat menyebabkan berbagai masalah seperti :
  • Menghambat pertumbuhan gigi atau bahkan tidak tumbuh sama sekali.
  • Kerusakan gigi. Karena posisinya yang menyempil dan menutupi gigi sehingga menjadi sulit dibersihkan
  • Mengalami gangguan makan karena muncul rasa tidak nyaman saat mengunyah atau menggigit makanan.
  • Cedera pada area sekitar mulut seperti bibir dan gusi karena proses mengunyah.
  • Fungsi gigi tidak optimal.
  • Bicara cadel.

Agar terhindar dari masalah tersebut, gigi gingsul perlu dilakukan penanganan. Salah satunya yaitu dengan memakai behel atau kawat gigi untuk memperbaiki posisi gigi. Jadi perlu tidaknya pemasangan behel tergantung pada kondisi gigi gingsul. Namun jika ingin mengikuti saran medis, maka perawatan pasang behel baiknya dilakukan.

Penyebab Tumbuhnya Gigi Gingsul

Munculnya gigi gingsul dapat disebabkan oleh kondisi rahang yang kecil atau ukuran gigi yang terlalu besar. Kondisi ini bisa juga terjadi karena tempat tumbuh gigi yang terlalu sempit. Sehingga menyebabkan gigi tersebut tumbuh bergeser dari tempat yang seharusnya. Selain itu, faktor keturunan juga bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya gigi gingsul, begitu juga malnutrisi.

Cara Memperbaiki Gigi Gingsul Dengan Kawat Gigi

Kondisi gigi gingsul bisa diperbaiki dengan melakukan pengawatan pada gigi atau yang biasa disebut behel gigi. Prosedur ini bertujuan untuk merapikan gigi agar beralih ke posisi yang seharusnya. Pemasangan behel pada gigi gingsul ini bisa dilakukan dengan atau tanpa proses pencabutan gigi terlebih dulu.

Pencabutan gigi sebelum pemasangan behel dilakukan untuk memberi ruang baru pada gigi gingsul. Juga untuk mengurangi kepadatan gigi yang tumbuh sehingga nantinya gigi dapat kembali ke posisi yang tepat dan sejajar setelah behel digunakan. Sebelum gigi dicabut, dokter akan menyuntikkan obat bius di area gusi sekitar gigi yang akan dicabut untuk meredam rasa sakit saat pencabutan dilakukan.

Proses pencabutan gigi ini sebenarnya merupakan tindakan yang tergolong aman. Tapi meski begitu, ada resiko yang mungkin ditimbulkan seperti infeksi, pendarahan dan gusi bengkak. Untuk menghindari terjadinya komplikasi, konsultasikan terlebih dulu mengenai pencabutan gigi dan riwayat kesehatan Anda.

Selesai pencabutan gigi, Anda bisa langsung pulang ke rumah karena pemasangan behel akan dilakukan ketika area gigi yang dicabut sudah pulih. Masa pemulihan ini biasanya perlu waktu sekitar 7 – 14 hari. Barulah setelah itu, dokter akan memasang behel untuk memperbaiki gigi gingsul dan merapikan susunan gigi.

Jika gigi gingsul dirasa perlu dilakukan perbaikan menggunakan kawat gigi, lebih baik konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penangan terbaik. Agar gigi gingsul tidak menimbulkan masalah ataupun mengganggu penampilan Anda.



Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates